INILAH PERBEDAAN WEBSITE DAN BLOG

Admin 5:43:00 PM
Perbedaan Website dan blog

Sebelum ada  blog itu dulu sebenarnya ada website, berhubung dengan permintaan pasar dan kemudahan dalam dalam update konten maka blog terciptalah dari tangan ahli programing web, blog lahir sebagi penyempurna web yang didesain dengan berbagai macam fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.., blog mampu mengakomodir kebutuhan para pengembang situs, karena kebutuhan suatu situs yang dinamis, maka blogger pun dalam membuat system management content mengarah pada kebutuhannya masing-masing dan mulai dari situ CMS blog pun mulai terpecah dan terbagi bertumbuhan menjamur sesuai dengan kebutuhan penggunanya yang semakin bejibun dan memerlukan kekhususan tersendiri.

Pengembang website sebagai kakak dari blog juga tidak mau tinggal diam, para ahli script dan desain juga berusaha membuat sesuatu yang bisa memudahkan dalam pengelolaan website, kelebihan website sendiri kita bisa mengatur tata letak tersendiri dan dinamis semau kita pada setiap halaman, tapi juga harus mendesain sendiri setiap halaman dengan manual, para pengembang website tahu jika perusahaan yang ingin menampilkan company profile dari perusahaannya yang tidak harus selalu update harus mempunyai tampilan yang beda dan khusus dari situs lain, dengan demikian website jadi pilihan yang cocok untuk itu, tapi kalo gak ada software atau alat bantu untuk pengembangan isi konten website itu dengan mudah, maka akan sulit untuk membuat web , karena harus bisa bahasa HTML, Bahasa PHP, JavaScript, DLL DSB, dan untuk belajar itu membutuhkan waktu yang memang diluangkan untuk itu, atau bisa disebut kuliah, ( Formal/Non Formal ) dengan permasalahan tersebut para pengembang membuat alat atau software yang bisa memudahkan dalam pembuatan website tersebut, maka terciptalah software pendukungnya seperti “Macromedia Dreamviwer” dan banyak lagi di internet sofware semacamnya.

Jadi jika ada yang bertanya bagus mana antara website dan blog?? jawabnya sama bagusnya, dan biayanya habis banyak mana..? sama banyaknya, apa bedanya,? beda dalam updatenya,
dan menurut saya pribadi wesite sama blog itu lebih bagus blog , kenapa begitu?? karena blog itu memudahkan update status dan dalam tampilan bisa lebih bagus dari website, hari dan tanggal juga lengkap, juga didukung oleh pengembang yang terus aktif, misalkan wordpress yang selalu update SMS nya, didukung jutaan plugin yang dikembangkan oleh ribuan orang, jadi kita bisa menjadi penikmat, tanpa harus repot ngembangin sendiri, misalkan website yg dibangun dari WordPress, jika ingin tampilanya berubah maka tinggal ganti tema yg ratusan ribu jumlahnya tinggal pilih, jika mau ada fitur tambahan kusus misalkan menampilkan video dinamis, tinggal pasang plugin video aja, jika pingin memang di google search tinggal pasang beberapa plugin SEO, yang super duper banyak., jika pingin ada member yang bisa posting, tinggal pasang pulgin yang mendukung itu, dan apapun mau kita akan ada plugin yang menfasilitasinya, beda dengan website yang dibangun dengan Manual Software, jika pingin sesuatu yang beda ya harus mengembangkan dan mendesain sendiri, dan untuk itu dibutuhkan waktu yang lamaaaaaa.. dan biaya yang tidak sedikit, apa lagi kita gagap technology? ya harus berduit jika mau itu.., tapi memang sih beda…, tapi pilihan ada di tangan kita, ber orientasi pada apa dulu..,

10 Perbedaan:

1.  Menurut Wikipedia
Menurut Wikipedia, blog adalah sebuah situs diskusi yang terdiri dari enteri diskrit yang dipublikasikan di WWW (World Wide Web). Sementara website adalah sekumpulan halaman web terkait yang disajikan dari satu domain.
"Blog merupakan kontradiksi dari web log"
"Website merupakan kontradiksi dari situs di web"

2.  Berdasarkan Kontennya
Sebuah blog dapat berisi berbagai macam konten. Topik-topik posting dapat berupa bahasan mengenai teknologi, fashion, produk tertentu, atau mengenai aktor dan atlet tertentu dengan sensasi yang baru. Sebuah blog bertindak seperti sebuah majalah digital dengan berbagai kejutan bagi pembacanya setiap hari. Di sisi lain, sebuah website mewakili satu produk, satu orang, dan teknologi yang serupa. Dengan kata lain, website memiliki isi dengan genre serupa.

3.  Formal dan Informal Konten
Blog dan Website menggunakan nada yang berbeda untuk menangani pembacanya. Website ini umumnya menggunakan nada atau bahasa formal untuk menggambarkan isinya sementara blog biasanya menggunakan nada atau bahasa yang jauh lebih sederhana dan informal untuk deskripsi kontennya.

4.  Coding
Ketika membicarakan blog dan website, orang biasanya takut dengan coding. Jika Anda memilih blog, Anda tidak perlu khawatir! Untuk menciptakan sebuah blog, Anda tidak perlu seorang yang ahli di bidang pengkodean. Anda cukup mendownload template dan memulai dengan belajar dasar-dasar pengkodean. Berbeda dengan website, Anda harus paham dan mengerti pengkodean seperti HTML5, CSS3, PHP, dan lain-lain.

5.  Daftar Konten
Sebuah blog memiliki daftar kronologis postingan. Semua tulisan yang telah Anda buat disusun dari yang terbaru sampai terlama. Setiap kali Anda mengunjungi sebuah blog biasanya Anda langsung menemui daftar beberapa konten yang pernah diposting oleh pemiliknya. Sementara bila Anda mengunjungi website, Anda tidak akan menemui daftar itu. Data yang ada dalam website biasanya statis.

6.  Homepage
Untuk blog dan website, homepage sama sekali berbeda. Dalam sebuah website, homepage menjelaskan isi dasar situs web. Ini akan memberitahu pengunjung tentang jenis produk yang ditawarkan oleh website itu. Namun, homepage blog dibanjiri berbagai tulisan yang telah diposting.

7.  Rating
Sebuah blog sebagian besar dianggap aktif tergantung pada jumlah pengunjung aktif yang dimilikinya. Jumlah pembaca menentukan peringkat blog. Sebuah rating yang baik sangat penting untuk blog untuk berhasil dan mendapatkan lalu lintas sebanyak mungkin. Di sisi lain, sebuah website tidak dipengaruhi oleh hal-hal seperti pada blog.

8.  Waktu
Waktu yang tepat sangat penting untuk sebuah blog yang sukses! Anda perlu mengirim posting Anda biasanya antara pukul 08.00 sampai jam 12.00 untuk menarik pembaca ke blog Anda. Namun pada website, waktu tidak ada hubungannya dengan itu. Website itu tidak tergantung pada waktu.

9.  Interaksi Pengguna
Keluar dari blog dan website, blog dianggap lebih interaktif. Blog menawarkan pengunjung berupa opsi untuk berkomentar, menyukai, dan membagikan postingan. Sementara website biasanya admin memblok komentar sehingga membuat website kurang interaktif.

10. Search Engine
Setiap kali pengguna mencari menggunakan mesin pencari tertentu, maka blog yang akan dicari lebih banyak dibandingkan dengan website. Karena isi blog terus berubah, itu menyebabkan mesin pencari melakukan pencarian lebih banyak pada blog. Namun isi website ini statis sehingga website memiliki pencarian yang terbatas.

Jadi Mana yng lebih baik menurut anda? tanyakan pada rumput yang bergoyang..?


Salam Blogging
Previous
Next Post »
0 Komentar

Iklan