Taukah Anda Perbedaan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit?

Admin 4:21:00 AM
Taukah Anda Perbedaan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit? Berikut ini Penjelasannya

Perbedaan sistem operasi 32 dan 64 bit
Mungkin anda selalu mendengar tentang Sistem Operasi 32-bit dan sistem operasi 64-bit, namun anda selalu bertanya apa sih itu? dalam sebuah sistem operasi ini selalu tertera dan apabila anda menginstal software pun selalu ada istilah tersebut. Nah kali ini kita akan membahas pengertian dari Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit ini, berikut ini penjelasan lengkapnya untuk anda.
Perbedaan Sistem 32-bit dan 64-bit
Dalam sistem operasi sebuah satuan data ini disebut 'bit' nah untuk yang dimaksud dari 32 bit ini bisa dibilang kecepatan komputer yang dapat memproses 2³² data dalam satu waktu, sedangkan untuk istilah komputer 64 bit, adalah kecepatan memproses 2⁶⁴ data dalam satu waktu.
Dalam cara kerja dari CPU ini menangani sebuah informasi, untuk versi yang 64-bit saat menggunakan RAM lebih besar dari pada versi yang 32-bit, hal tersebut yang akan membuat 64-bit ini akan lebih cepat dalam memproses suatu data saat multitasking atau menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu bersamaan.
Intinya Windows 32 Bit, menggunakan Processor sebagai inti dibanding Memory, sedangkan Windows 64 Bit, menggunakan Memory sebagai inti dibanding Processor, maka dari itu kalau pakai 64 Bit, memory harus besar. Karena kinerja memory lebih dipekerjakan, jadi untuk keunggulan sudah dipastikan lebih bagus untuk komputer yang 64 bit.
Nah yang anda perlu tau, untuk 32 bit ini sering ditulis menjadi x86 sedangkan 64 bit akan ditulis x64, hal ini akan terlihat ketika anda akan menginstal sistem operasi windows, jadi jangan bingung kenapa tidak ada tulisa 64 bit maupun 32 bit, dan jangan sampai salah, karena biasanya banyak fitur akan tidak berfungsi jika salah instal dalam ukuran bit ini.
Perkembangan satuan bit ini mulai pada ukuran 4 bit, 8 bit, dan kemudian 32 bit, dan sampai sekarang untuk yang 64 bit sudah semakin banyak, karena seiring dengan kemajuan teknologi yang membutuhkan kecanggihan dan kecepatan yang lebih dalam memproses data.
Untuk pemakaian bisa dilihat dari ukuran RAM Komputer anda jika hanya 1 sampai 2 GB disarankan untuk memakai yang 32-bit saja, namun jika RAM nya 4GB sampai 8GB bisa juga mencoba menggunakan untuk Sistem Operasi yang 64-bit, karena akan lebih leluasa dalam menjalankan sebuah aplikasi sekaligus atau sering disebut multitasking.
Dan apabila untuk Laptop biasanya sudah tertera di keterangan untuk pemakaian yang cocok untuk versi 32 atau 64 bit, jadi lebih baik periksa terlebih dahulu untuk spesifikasi laptop anda, karena sekarang sudah ada Laptop yang memiliki RAM mencapai 4GB namun cocoknya menggunakan Sistem Operasi yang 32 bit.

Keterbatasan memori untuk prosesor 32-bit mulai terlihat jelas ketika Windows Vista, yang memerlukan memory kapasitas besar dan kerap kesulitan menjalankan beberapa program secara bersamaan, bahkan bila menggunakan memory dengan kapasitas penuh hingga 4GB sekalipun.

Sebelumnya, mustahil setiap satu program memerlukan lebih dari 2GB memori, namun beberepa video game moderan kini telah melebihi batas tersebut. Alasan inilah yang membuat prosesor 64-bit menjadi sangat pupuler, sehingga jumlah pelanggan yang tertarik untuk membeli sistem operasi 64-bit makin meningkat.

Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat bervariasi. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasi.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.
First
0 Komentar

Iklan