Inilah penyebab proses index Sitemap memakan waktu lama (Webmaster)

Admin 7:35:00 PM
Proses_index_sitemap

Setelah saya melakukan analisa dan mencari informasi permasalahan yang saya miliki termasuk rajin membaca di halaman bantuan google, saya menemukan wawasan baru. Dan karena sitemap saya yang biasanya bertambah index setiap 1 sampai 2 hari sekarang menjadi agak sedikit lama untuk bertambah indeks. Mungkin kamu juga pernah mengalami hal seperti yang saya alami, dan setahu saya, ada juga yang menunggu hingga 1 bulan lebih namun sitemap tetap tidak berubah sedikitpun. Ada beberapa penyebab sitemap menjadi lama untuk di index atau bahkan tidak di indeks sama sekali. Apa sajakah penyebabnya? mari kita belajar bersama.

1.Masalah kecepatan Blog atau website lambat.
Penyebab pertama yang mengakibatkan sitemap menjadi lama untuk di index adalah kecepatan blog atau website yang sangat lambat, sehingga waktu berkunjung perayap habis sebelum sempat menyelesaikan indeks di setiap posting kita. Biasanya permasalahan ini terjadi karena terlalu banyak script javascript, eksternal css dan sebagainya, namun bisa juga hal lainnya yang bisa mengakibatkan permasalahan tersebut terjadi. Untuk blogger, saran dari saya gunakan widget yang paling penting dan tidak memberatkan loading blog kita. Dan kamu boleh menambahkan sitemap lagi menggunakan atom xml untuk proses index sitemap. Bagi kamu yang punya pengunjung banyak, maka biasanya proses index akan lebih cepat karena permintaan pengguna di halaman pencari juga banyak sehingga perayap akan datang untuk mengambil URL yang diminta.
Bagi anda yang ingin menguji kualitas kecepatan blog silahkan menuju Uji Kecepatan

2.Masalah pada Duplikasi konten internal.
URL berbeda, namun mempunyai isi konten yang sama. Hal tersebut dianggap sebagai duplikasi konten internal. Kamu pasti tahu tentang internal, jika belum tahu, internal artinya masalah di dalam blog sendiri. Konten dengan URL yang lama terdeteksi sama dengan konten yang mempunyai URL baru, ketika perayap melihat isi yang sama dengan konten yang sebelumnya telah di index, maka perayap tidak akan melakukan index lagi pada URL baru tersebut dan akhirnya ,indeks sitemap tidak akan bertambah namun URL yang kita miliki tetap ada dan tampil di halaman pencari (tetap terindex namun tidak bertambah di sitemap).

nah, karena inilah penyebab sitemap tidak terindex atau tidak berubah sedikitpun walaupun kamu tunggu hingga 1 bulan atau lebih. Jadi pastikan kamu tidak mempunyai masalah duplikasi konten internal. Lalu bagaimanakah cara kita mengetahui jika memang ada duplikasi konten internal di blog atau website kita?
Untuk mengetahui duplikasi konten internal,  buka akun webmaster kamu, lalu buka menu "penyempurnaan HTML" yang berada di dalam menu "tampilan penelusuran". Disitu kamu bisa melihat beragam error yang ada di blog atau website kamu sendiri. Dalam 1 atau 2 hari mungkin masalah tersebut belum muncul jika URL masih baru, tapi biasanya 3 hari sampai 1 minggu akan terlihat masalah tersebut dan pastikan kamu tidak memblokir URL tersebut melalui robots.txt agar error bisa ditampilkan di fitur penyempurnaan HTML (jika memang ada error). Kalau pengalaman saya  waktu itu ada error duplikasi meta content. Kemudian saya cari informasi tersebut di halaman bantuan google tentang masalah sitemap dan akhirnya menemukan informasi tersebut. Semoga panduan ini menjadi ilmu yang paling bermanfaat buat kamu agar kita lebih teliti lagi dalam melakukan perubahan pada blog atau website kita.

Di dalam fitur penyempurnaan HTML, ada tulisan "terakhir diperbarui tanggal". Kalau saya hitung, sekitar 3 hari atau lebih untuk melihat update baru, nah dalam jangka waktu tersebut akan ada pemberitahuan jika memang ada masalah pada konten blog sendiri, atau permasalahan pada judul blog dan sebagainya. Jadi, lihat tanggal yang ada di fitur tersebut. Setelah kamu membereskan masalah yang ada, tunggu hingga tanggal update berikutnya. Kadang butuh waktu 1 minggu atau lebih untuk perubahan yang maksimal. Jadi jangan tergesa-gesa untuk melakukan perubahan jika error belum hilang. Ok kita lanjutkan ke bagian 3.

3.Perubahan struktur pada blog atau website.
Saat kita mengganti template atau mengubah struktur blog dan website, maka perayap akan melakukan index ulang pada struktur blog dan website kita.
Sehingga menyebabkan index pada sitemap dan konten menjadi tertunda. Ibaratnya ketika kita sedang analisa sebuah kotak hari ini, pas besoknya kita kembali, kotak tersebut berubah menjadi segitiga. Nah maka kita akan melakukan analisa lagi, jadi apa yg ada di dalam kotak tersebut belum sempat kita analisa, begitulah ibaratnya. Nah seperti itu juga saat perayap melakukan index, ketika kita mengganti template atau merubah struktur kode yang ada di blog, maka perayap akan melakukan index ulang pada struktur blog dan website yg baru serta memastikan tidak ada yg error dan hilang. Kalau ada, pasti halaman 404 kamu yang dipilih dari URL lama he heee...
Saran dari saya, jika kamu sudah melakukan perubahan template atau struktur blog dan website, maka kamu harus menunggu sekitar beberapa hari, minggu atau bulan untuk index ulang. Itu cuma saran, saya sendiri juga tidak tahu kapan perayap datang dan melakukan index halaman kita.

4.Jangan terlalu banyak mengirim atau menerbitkan posting sebelum sitemap sepenuhnya di index.

Hal ini sering di alami para pemula seperti kita ini. Sitemap yang belum sepenuhnya terindex sudah di isi dengan tambahan posting baru. Jika terus seperti ini, bukannya bagus tapi kamu malah bisa di anggap sebagai seorang spam dan akhirnya seluruh URL yang ada sitemap tidak akan di index lagi. Jadi hindari posting yang terlalu banyak dalam 1 hari. Maksimal yg saya ketahui adalah 1 post per hari. Kalau saran yg saya baca di halaman bantuan google, setidaknya dalam 1 minggu, update 1 artikel saja. Alasannya mudah, demi kebaikan blog kita juga, jika ada konten yg bermasalah, maka perayap akan memberitahu kita dan kita akan bisa memperbaikinya. Kamu tahu sendiri kan, kalau perayap mesin pencari itu hanya ada 1, jika kamu menerbitkan artikel yg banyak,  jika ada masalah di webmaster kamu, maka belum tentu perayap sempat memberitahukan error tersebut. Seseorang pernah berkata, perayap suka dengan konten yg baru. Bagaimana dengan konten lama, sempat di index belum? ha haaa...

Sederhana bukan? sebaiknya perbaiki dulu semuanya, setelah normal kembali, kamu bisa menerbitkan tulisan baru lagi. Sebagai contoh, sitemap terindex 20/10 mungkin masih bisa di anggap normal, tapi jika 20/1 terlalu banyak bukan? yang dihitung bukan jumlah posting, tapi berapa banyak posting yang dirayapi dalam 1 hari. Kalau misal jumlah sebelumnya 20/1 walaupun kamu menerbitkan dalam jangka waktu tertentu. Itu sama saja hitungannya kamu posting 19 artikel dalam 1 hari. Penyebab lainnya seperti yang telah saya sebutkan di nomor 1 dan 2. sehingga perayap(spider) menunggu perayapan ulang hingga index pada struktur blog dan website selesai. Jadi pastikan semua masalah dibereskan sebelum melanjutkan posting. Itulah tugas seorang webmaster yang baik dan professional termasuk seseorang yang bertanggung jawab dalam menangani blog atau website yang dia miliki.

5. Jangan berkomentar sembarangan.
Yang satu ini pasti kamu tahu, blogger pemula seperti kita tahu dengan yang namanya backlink. Tapi apakah kamu tahu kalau backlink itu mempunyai kualitas atau tidak dan bahkan tidak sesuai dengan kriteria yang dimiliki oleh blog kamu? dari informasi yang saya ketahui, terlalu banyak backlink dalam satu hari akan dianggap sebagai spam komentar. Kalau sudah terjadi, biasanya halaman yang sudah di index menjadi berkurang dan akan ada pemberitahuan di menu "tindakan manual". jadi berhati-hatilah jika kamu tidak ingin mendapatkan masalah seperti itu. Tulisan berkualitas pasti akan mendapatkan backlink yg sehat dan berkualitas juga, dan jangan lupa berkomentar lah dengan bijak dan benar, itulah blogger sejati.
Nah sekarang kamu sudah paham semua permasalahan yang ada. Mungkin beberapa dari tulisan saya ini, ada yang terlupa untuk menuliskannya disini. Tapi, semoga ini cukup membantu kamu dalam mengatasi permasalahan sitemap.

Demikian pembahasan kita tentang penyebab sitemap menjadi lama terindex di webmaster. Semoga ilmu pengetahuan ini bisa memperluas wawasan dan menjadi solusi buat kamu agar bisa mengurangi kesalahan kita sebagai pemilik blog lama maupun baru, dan juga sebagai pemilik website. Mohon maaf jika ada salah kata, kita semua disini bersama-sama belajar termasuk saya sendiri yang juga sedang belajar.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Iklan