Penghasilan Channel Youtube

Admin 5:33:00 PM
Penghasilan_Channel_Youtube_1
Berapakah penghasilan atau uang yang bisa didapatkan melalui YouTube? pertanyaan tersebut seolah-olah menjadi sebuah misteri yang sulit untuk dijawab. Mengapa demikian? Karena penghasilan dari YouTube diperoleh dari iklan adsense. Iklan Adsense sendiri merupakan produk advertising network dari Google yang nilai keuntungannya ditentukan oleh banyak faktor.

Faktor penentu pendapatan dari Youtube melalui iklan Adsense itu ada banyak. Penghasilan dari Youtube tidak hanya berdasarkan jumlah view dan jumlah klik pada iklan yang tampil pada video youtube, melainkan juga berdasarkan negara, topik / niche dan harga iklan itu sendiri.

Namun jika dijelaskan satu per satu semua faktor diatas, artikel ini bakalan tidak ada ujungnya alias panjang lebar. Sekarang kita fokus dulu kepada rata-rata penghasilan Dari YouTube.

Ada yang bilang kalau penghasilan dari YouTube itu secara kasar 1 USD per 1000 views, namun ternyata angka tersebut tidak bisa kita jadikan patokan karena jika kita membuat sebuah video dan tidak ada yang melakukan klik pada iklan meski jumlah views sudah mencapai 1000, maka angka 1 USD pun rasanya mustahil. Belum lagi jika topik video kita tidak relevan dengan satu iklan pun sehingga iklan yang muncul kurang menarik bagi viewers dan memiliki harga lelang yang rendah.

Di Indonesia sendiri, biasanya para youtuber jarang mendapat 1 USD per 1000 views. Biasanya pendapatan per 1000 views bagi youtuber di Indonesia berada diantara 0.3 hingga 0.8 USD atau jika dirata-ratakan maka uang yang bisa dihasilkan dari setiap 1000 views pada sebuah video youtube di Indonesia hanya mendapatkan 0.55 USD.

Saat ini youtube tidak hanya komunitas video terbesar yang ada di internet, tetapi youtube juga sekaligus membuka peluang usaha untuk menghasilkan uang dari internet dengan cara memasang iklan di video. Salah satunya yaitu iklan adsense, kita akan dibayar oleh Youtube untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, dan setiap 1000 iklan yang tayang walaupun tidak diklik. Walaupun terlihat sangat mudah intinya tinggal pasang iklan dan menunggu hasil, banyak Youtuber yang menunggu lama untuk Payout karena minimal pendapatan untuk dicairkan adalah $100 ditambah pendapatan perharinya sangat sedikit. Banyak orang yang harus berusaha selama satu tahun untuk mendapatkan gaji pertama dari Youtube.
Mengapa selama itu? karena sebagai penayang iklan di Indonesia, pendapatan kita sangat rendah sekali dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Amerika Serikat. Pertanyaan ini seringkali muncul di forum-forum adsense, atau bahkan ada yang memposting pendapatannya selama 28 hari terakhir yang hanya mendapatkan recehan saja. Sehingga tidak sedikit orang yang mengakalinya dengan membuat Channel luar negeri yang ditargetkan untuk negara tertentu, alasannya untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi, karena negara yang ditargetkan mempunyai biaya perklik/CPC tinggi bahkan sepuluh kali lipat dibandingkan CPC iklan Adsense Youtube Indonesia.

Penghasilan iklan yang ditampilkan di Youtube sangat bergantung kepada banyaknya penonton video, pengeklik iklan dan biaya perklik iklan. Umumnya yang menjadikan kecilnya penghasilan Youtube Indonesia adalah biaya perklik iklan/CPC, namun siapa yang menentukan biaya perklik iklan? tentu saja si pemasang iklan. Ya, jika bukan mereka namun siapa lagi? Mungkin kita pernah melihat biaya perklik/CPC iklan luar negeri sangat tinggi bahkan berlipat ganda dari CPC Indonesia. Faktor umumnya adalah tingkat persaingan pemasangan iklan, semakin banyak persaingan semakin tinggi biaya perklik iklan/CPC. Ya, Google Adsense akan menampilkan iklan milik pengiklan yang berani menawar tinggi, jadi penawar tertinggilah yang akan ditampilkan iklannya di Website atau di Channel Youtube kita.

Jika kita sedang bermain Adsense Youtube Indonesia, mungkin kita akan melihat betapa kecilnya biaya perklik/CPC Indonesia, itu semua disebabkan tingkat persaingan pengiklan Indonesia sangat rendah. Rata-rata pengiklan Indonesia lebih memilih menampilkan Iklannya di Saluran Televisi daripada beriklan di Google. Selain itu, teknologi yang ada di Indonesia tergolong masih baru, tidak seperti negara-negara lainnya yang serba teknologi sehingga banyak orang Indonesia yang rela membuat video dan channel Youtube yang ditargetkan ke luar negeri demi mendapatkan CPC Iklan yang tinggi. Jadi kesimpulannya, tingkat persaingan yang rendah itulah yang menjadi penyebab CPC rendah di Indonesia dan menjadikan penghasilan Youtube Indonesia sangat kecil.

Meskipun Indonesia adalah negara dengan CPC terendah, tetapi sudah banyak yang meraih kesuksesan menghasilkan jutaan rupiah dengan Channel Indonesia. Pertama, memfokuskan untuk membuat konten video. Saya yakin orang yang lebih fokus ke konten ketimbang earning akan lebih sukses meraih penghasilan, itu karena ia tidak terlalu peduli dengan earning yang kecil dan lebih fokus ke konten, sehingga dari waktu ke waktu videonya menjadi populer di Youtube, kalau sudah populer berarti video tersebut mempunyai banyak peluang untuk menghasilkan uang.

Kedua, menjadikan youtube sebagai hobby, bukan pekerjaan. Nah, jika seseorang sudah hobby pasti tidak akan memandang resiko menjadi Youtuber, yang penting ia senang dengan apa yang dikerjakannya. Kalau sudah menjadi hobby, mungkin akan rajin membuat dan mengupload video di Youtube. Jika kebetulan ia mengupload video yang sesuai dengan apa yang dicari pengiklan, mungkin akan mendapatkan biaya perklik iklan yang tinggi.

Bagaimana Youtube membayar membernya dan berapa setiap vidio yang di Monetesi di channel youtube. Berikut sedikit penjelasan dan Ilustrasi mengenai youtube.

Youtube, pasti banyak sekali sobat yang bertanya, bagiaman sih sistem pembayaran Youtube?? Bagaimana saya bisa menghasilkan uang dengan Upload vidio ke youtube?? dan bagaimana seseorang sudah menghasilkan uang jutaan bahkan lebih hanya dengan mengupload vidio ke youtube.

Secara singkat saya akan memberi sedikit gambaran, bagaimana vidio anda bisa menghasilkan uang melalui youtbe. Karena sebelumnya sudah banyak penjelasan mengenai cara youtube membayar dan cara mendapatkan uang dengannya. jadi saya akan membuat secara ringkas.

Sebelum anda memulai bisnis youtube, tentunya anda harus mempersiapkan ini dulu:

1. Anda harus mempunyai vidio
2. Anda harus mempunyai akun youtube
3. Anda harus mempunyai ide konten apa yang harus anda jalankan
4.Tentunya anda harus mengaitkan youtube dengan Adsense
5. Selanjutnya kelola channel youtube dan terus upload vidio
6.Anda akan mendapatkan uang

Mudah sekali bukan kalau kita ingin melakukannya. Mungkin untuk point pertama dan kedua bisa anda lakukan dengan mudah. Untuk mempunyai akun youtube tinggal mendaftar menggunakan akun gmail dari google free atau secara gratis.

Nah, Untuk pendapatan akun Adsense Youtube?

Untuk pendapatan akun adsense youtube, syaratnya juga cukup mudah, Anda hanya butuh beberapa vidio original juga termasuk audio minimal berdurasi 6 atau 10 menit untuk dapat mendaftar ke Adsense.

Untuk proses pengajuan vidio yang kita upload juga tidak memakan waktu yang lama, maksimal 1atau 3 hari anda sudah mendapatkan kabar pemberitahuan melalui email bahwa akun yang anda daftarkan sudah di terima.

Setelah semuanya selesai seperti langkah di atas maka anda akan segera mendapatkan uang dari vidio anda yang anda upload, bagaimana, sederhana sekali bukan.

Bagaimana sistem pembayaran dari youtube untuk membernya.

Vidio yang sudah anda daftarkan ke adsense youtube secara otomatis akan mendapatakan iklan dalam setiap vidio anda di tayangkan. Iklan yang tempil pada vidio anda adalah iklan dari pihak Google Adsense dan juga anda bisa tempatkan iklan tersebut secara manual di setiap vidio yang anda upload.

Di bawah ini adalah sistem pembayaran yang di dapatkan dari vidio yang sudah ada iklan dari adsense sebagai berikut :

1. Jenis Iklan yang di tayangkan melalui lelangan Adsense
2. Iklan yang di jual pada umumnya dengan pemesanan melalui DoubleClick
3. Banyak lagi iklan dari berbagai sumber lainnya yang dujual Youtube

Nah, dari semua iklan pada vidio yang sudah anda upload, itulah nantinya yang bisa anda hasilkan uang, namun sistem pembayarannya juga bervariasi dari jumlah tayang maupun dari jumlah klik, maka yang didapatkan dari penonton vidio ataupun jumlah tayang iklan pada vidio kita upload secara keseluruhan.

Sistem pembayaran per seribu tayang

Pada pembayaran youtube ini lebih di kenal denga Biaya Per Seribu ( BPS ) Untuk setiap tayangan iklan dalam vidio yang kita upload sebanyak 1000 kali di youtube maka anda akan di bayar. Pendapatan perseribu tayang, iklan ini merupakan penghasilan tertaksir, atau penghasilan masih di bawah naungan tayang.

Adapun rumus RPM penghasilannya adalah RPM = ( Penghasilan tertaksir dan jumlah tampilan pada vidio atau halaman) * 1.000

Untuk Keterangannya

RPM > Revenue Per Thoushand Impression Pendapatan rata-rata yang bisa kita dapatkan dari setip per 1.000 impresi.

Oh ya, Youtube saat ini sudah mengeluarkan kebijakan baru, dengan jumlah tayang belum mencapai 10.000 viewer maka iklan belum di munculkan.

Selanjutnya untuk pendapatan Publiser Google Adsense, RPM yang di perbolehkan antara 1 dollar sampai dengan 5 dollar, namun hal ini juga tergantung jenis wilayah, jenis konten, dan juga relevasi iklan yang di tempatkan pada vidio kita, termasuk duration tayangan pada setip vidio yang kita upload tersebut.

Dibawah ini contoh tafsiran penghasilan vidio yang dimonetasi pada youtube sebasar $ 0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPS halamannya sama dengan ($0,15/25) 1.000 atau $ 6,00.
Penghasilan_Channel_Youtube_2
Bagaimana dengan penerimaan pembayaran dari youtube??

Sebelum anda menerima pembayaran dari youtube, pastikan anda sudah melakukan Verifikasi PIN akun Adsense yang akan di kirimkan ke alamat rumah anda melalui kantor POS, dalam membuat akun adsense youtube pastikan anda menulis alamat lengkap secara benar.

PIN Adsense ini akan di kirim oleh pihak adsense setelah akun adsense yang anda miliki sudah berumur tiga 3 bulan atau anda sudah mendapatkan penghasilan saldo sebanyak 10 USD atau dengan mata Rupiah setara dengan Rp 100.000 lebih.

Untuk menerima pembayaran dari adsense jika saldo anda sudah mencapai 100 USD kalau di rupiahkan setara lebih kurang satu juta.

Pembayaran youtube ini bisa juga kita cairkan melalui Western Union/kantor POS dengan mengajukan kartu Identitas KTP yang sesuai dengan nama pembayar akun adsense. Pembayaran ini tanpa di kenakan biaya apapun.

Masih di pembayaran, selain menggunakan Western Union atau kantor pos, sistem pembayarannya juga bisa memalalui Tranfer Bank (Wired Transfer), namun kalau menggunakan transfer bank biasanya akan di kenakan biaya minimal 5 USD atau tergantung kebijakan bank setempat.

Nah inilah cara youtube, dari pembayar, upload vidio hingga menghasilkan uang, untuk anda yang ingin mendapatkan uang dari youtube kumpulkan vidio-vidio sebanyak mungkin untuk anda upload ke youtube agar bisa menghasilkan uang.
Jangan lupa ketika anda berpergian kemana saja, bawa ponsel atau camera kesayangan anda untuk merekam moment penting dalam kehidupan anda.

Terus kreasikan semua vidio yang anda upload ke youtube semenarik mungkin, semakin banyak vidio yang anda upload dan semakin berpeluang anda meraih penghasilan yang tak terduga.

Sedikit saran untuk para Youtuber, buatlah konten yang sedang trend untuk para pemasang iklan. Apa itu konten trend? yaitu konten yang sedang dicari oleh para pemasang iklan untuk promosi. Misalnya konten wisata, nantinya akan ada iklan penginapan terdekat/villa/hotel ditempat wisata tersebut, jadi, konten trend itu seperti info tempat wisata.

Demikian inilah sedikit informasi tentang penghasilan dari Channel Youtube. Semoga berjumpa lagi di artikel selanjutnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Previous
Next Post »
0 Komentar

Iklan