Seputar tentang teknologi komunikasi

Admin 10:04:00 PM
Teknologi komunikasi pada abad ke-20 mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat maju. Penggunaan teknologi saat ini sudah menyebar bahkan hingga di daerah pedesaan.
Seputar_tentang_teknologi_komunikasi
Teknologi saat ini merupakan suatu sarana untuk menyediakan berbagai barang-barang yang diperlukan manusia untuk kelangsungan hidup manusia.
Pada awalnya penggunaan teknologi digunakan oleh manusia untuk pengubahan sumber daya alam menjadi alat yang sederhana, hingga sampai saat ini perkembangan teknologi terbaru seperti internet.
Untuk lebih jelasnya marilah kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Indonesia adalah salah satu negara yang berkembang di dunia. Selain itu Indonesia juga tengah menjadi salah satu negara yang memiliki pengaruh di dunia yang cukup besar.
Untuk menjadi negara yang maju, maka negara tersebut haruslah lebih meningkatkan perkembangan teknologi komunikasi dari sebelumnya.
Dengan adanya teknologi ini dapat memudahkan segala pekerjaan maupun untuk hiburan.
Sebelum beranjak lebih jauh, marilah kita simak arti dari teknologi komunikasi.

Teknologi komunikasi berasal dari dua kata, yaitu teknologi dan komunikasi. Secara umum, kata teknologi dapat diartikan sebagai entitas ataupun dapat merujuk pada suatu kumpulan teknik-teknik. Tetapi dalam konteks ini, teknologi diartikan sebagai suatu kondisi pengetahuan manusia berkaitan dengan cara untuk memadukan berbagai sumber untuk menghasilkan produk/jasa yang dikehendaki maupun untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan komunikasi diartikan sebagai alat penghubung atau interaksi.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Website dan Blog

Teknologi komunikasi dapat diartikan sebagai suatu peralatan keras (hardware) pada sebuah struktur organisasi yang memiliki kandungan nilai-nilai sosial yang dapat memungkinkan setiap orang untuk mengumpulkan, memproses, hingga saling bertukar informasi satu dengan yang lain. Teknologi ini berkembang secara cepat seiring dengan perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan modulasi, hingga informasi dapat disebarkan dengan cepat dan tepat.

Fungsi Teknologi Komunikasi

Setelah kita mengetahui definisi di atas, kini saatnya kita ulas mengenai teknologi komunikasi tersebut. Dalam memudahkan pekerjaan manusia, teknologi ini memiliki beberapa fungsi, yaitu pertama, memudahkan pekerjaan dalam dunia bisnis dan ekonomi. Dengan hal itu, teknologi komunikasi yang berkembang sangat pesat tersebut menjadi pilar pendukung dalam teknologi transportasi pada bidang revolusi industri.

Kedua, kegunaan teknologi komunikasi juga dapat membantu dan memudahkan dalam mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya baik dalam jarak dekat maupun jauh. Ketiga, dapat berperan untuk mengatur/memanajemen suatu sistem agar dapat dikelola dengan baik. Pengelolaan sistem yang baik akan mempengaruhi kinerja sistem yang baik pula.

Selain beberapa fungsi di atas, fungsi lainnya yaitu teknologi komunikasi yang mampu membawa suatu nilai-nilai dari struktur ekonomi, sosial, dan politik pada umumnya. Dan fungsi terakhir yaitu dapat meningkatkan kemampuan indera setiap manusia dalam kemampuan mendengar dan melihat.

Contoh Perangkat Teknologi Komunikasi

Contoh dari teknologi komunikasi ini sudah tidak asing lagi di sekitar kita. Hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan beberapa teknologi untuk berkomunikasi dan saling bertukar informasi baik dalam jarak dekat maupun jauh.

1. Telephone / Handphone
Handphone atau biasa disebut telepon genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Telepon digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh bahkan di seberang lautan sekali pun. Saat ini biaya telepon juga relatif mudah dijangkau oleh masyarakat. Hal ini mempermudah orang untuk menjalin komunikasi jarak jauh. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perangkat telepon pun semakin praktis. Dahulu kita tidak dapat membawa telepon kemana-mana, telepon tersebut dikenal dengan nama telepon tetap (fixed line telepon). Saat ini telah marak telepon tanpa kabel. Telepon tersebut dapat dibawa kemana pun sesuai kebutuhan kita. Telepon tanpa kabel semacam ini disebut telepon genggam atau handphone (HP).
HP bentuknya praktis untuk dibawa kemana pun dengan model yang bervariasi. Di era teknologi canggih ini, fungsi HP semakin berkembang. HP tidak hanya untuk berbicara satu sama lain dengan jarak jauh. HP juga digunakan untuk mendengarkan radio, melihat televisi, mendengarkan musik, berfoto, merekam video, atau mengirim foto dan video.
Kamu juga dapat mengirim dan menerima tulisan atau gambar berupa pesan singkat yang disebut SMS (Short Message Service) dan MMS (Multimedia Message Service). Bahkan dengan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan GPRS (General Packet Radio Service), HP dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk browsing internet. Berdasarkan data dan suara yang dikirimkan, HP dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1) GSM atau (Global System for Mobile Communication)
   Pada sistem GSM, suara dan data yang dikirimkan berdasarkan satuan waktu (timeslot). Artinya, penggunaan saluran frekuensi menggunakan batasan waktu. Kelebihan dari sistem GSM adalah mempunyai kualitas komunikasi yang lebih stabil. Sedangkan kekurangannya adalah sulit untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan ketika jaringan sudah penuh.
2) CDMA (Code Devision Multiple Access)
      Pada sistem CDMA, suara dan data yang dikirimkan dengan menggunakan kode-kode tertentu. Kode-kode ini untuk mengatur setiap panggilan. Jadi, CDMA tidak memiliki frekuensi khusus pada setiap pemakai. Kelebihan dari sistem CDMA adalah mempunyai kapasitas jaringan yang besar sehingga walaupun digunakan secara bersama-sama tetap mempunyai konektivitas yang tinggi. Sedangkan kekurangannya adalah kualitas komunikasi yang tidak stabil.
Seputar_tentang_teknologi_komunikasi_2
Handphone
2. Faximile
Faximile adalah alat pengirim dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan saluran telepon. Pengiriman bisa dilakukan apabila pengirim dan penerima sama-sama mengaktifkan mesin ini.
Seputar_tentang_teknologi_komunikasi_3
Faximile
3. Telegraph 
Telegraph merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh.

4. Email / Messenger
Email / Messenger adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.

5. Surat pos
Surat pos merupakan media pengiriman surat biasa melalui jasa pengiriman paket pos. Mungkin bagi beberapa orang akan sedikit bingung antara peralatan komunikasi dan informasi. Secara mudahnya peralatan informasi adalah sebagai sarana menyampaikan informasi atau data dari satu orang ke orang lain. Sedangkan sarana peralatan komunikasi adalah sarana untuk berkomunikasi.

Demikianlah tadi penjelasan singkat seputar tentang teknologi komunikasi, jika ada kekurangan jangan sungkan untuk memberikan komentar.


Previous
Next Post »
0 Komentar

Iklan