Cara cek saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan secara online menggunakan android

Admin 4:57:00 PM
Cek saldo BPJS
Bagi pengguna JAMSOSTEK yang sekarang namanya telah berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan, sekarang ini anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor jamsostek untuk mengecek saldo jamsostek anda, karena sekarang saldo jamsostek bisa anda cek melalui online/internet dan juga saldo bisa di cek melalui sms. Hal ini merupakan upaya pengembangan jamsostek dalam memperbaiki pelayanan konsumen mereka, yang katanya kurang maksimal dengan berbagai masalah/trobel yang sulit diatasi, dengan adanya fasilitas untuk mengecek saldo jamsostek melalui online/internet dan juga melalui SMS setidaknya anda sedikit terbantu jika ingin mengecek saldo jamsostek yang anda punya/miliki.

Mengenai jamsostek itu sendiri saya kira tidak perlu saya jelaskan, mengingat hampir semua elemen pekerja yang ada di Indonesia menggunakan jamsostek untuk asuransi kesehatan/masa tua yang biasanya sudah di sediakan oleh pemerintah ataupun perusahaan. Yang perlu anda tahu sekarang ini anda bisa mengecek saldo jamsostek via online untuk mengetahui berapa simpanan saldo jamsostek anda.

Berbicara tentang BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), tentunya masing-masing dari kita mempunyai pendapat yang berbeda-beda. Bisa itu positif, atau bahkan negatif. Tapi, saat ini saya tidak akan membahas tentang polemik BPJS itu sendiri. Tetapi lebih ke arah pemanfaatan teknologi dari BPJSTK agar para peserta BPJSTK (termasuk saya) bisa melihat atau mengecek saldo JHT Jamsostek secara online.

Saya sarankan menggunakan aplikasi dari playstore dengan link yang saya sediakan dibawah. Karena banyak aplikasi serupa yang bertebaran, jadi berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakannya.

Fitur yang tersedia di aplikasi BPJSTK mobile ini :

~Informasi kantor cabang BPJSTK diseluruh Indonesia
~Daftar program-program yang terdapat di BPJS Ketenagakerjaan
~Mendapatkan informasi saldo JHT terkini
~Simulasi perhitungan saldo JHT Pertahun masa kerja.

Sebelumnya, yang perlu Anda persiapkan :
•Smartphone android. Versi Windows sepertinya belum tersedia.
•Alamat email
•Koneksi internet yang stabil
•Download Aplikasi
Untuk Smartphone Android, link download di playstore : 

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara mengecek saldo jamsostek melalui online, anda bisa menyimak penjelasan lebih detailnya berikut ini :

1. Setelah proses instalasi berhasil, buka aplikasi BPJSTK Mobile. Tampilan awalnya berisi tentang syarat & ketentuan. Geser layar hingga mencapai bawah, lakukan centang pada kotak “Saya Setuju” dan klik tombol TERIMA.

2. Tampilan berikutnya adalah isian untuk nama dan alamat email. Pastikan email Anda masih aktif, karena nantinya akan ada konfirmasi ke email tersebut.

3. Setelah menekan tombol KIRIM, tampilan berikutnya adalah konfirmasi. Proses menerima email konfirmasi ini bisa cepat atau bisa lambat. Pengalaman saya, email konfirmasi saya terima hampir 30-45 menit. Email tersebut berisi PIN (6 digit) yang harus dimasukkan untuk proses berikutnya.

Jika email konfirmasi belum sampai, silahkan klik KIRIM ULANG PIN.
PERHATIAN! : Biasanya email ini akan masuk ke bagian SPAM, jadi ceknya jangan di folder INBOX, tapi di folder SPAM.

4. Langkah selanjutnya adalah penggantian PIN. Silahkan masukkan PIN baru (dalam format angka) dan lakukan konfirmasi PIN. Jika anda yakin apakah sudah sama, bisa lakukan centang pada opsi Tampilkan.

5. Sampai sini, proses pengisian data awal sudah selesai. Proses selanjutnya adalah pengisian data-data keanggotaan dari BPJSTK Anda. Untuk itu, siapkan kartu BPJSTK Anda.

6. Langsung klik Layanan JHT > Saldo JHT. Kemudian masukkan nomer handphone Anda yang aktif. Karena proses selanjutnya adalah pengiriman SMS berisi kode konfirmasi ke nomer tersebut.

7. Setelah klik tombol KIRIM, tampilan berikutnya adalah pengisian data-data dari BPJSTK Anda. Silahkan masukkan data secara benar.
Jika Anda belum tahu yang mana No. KPJ, bisa dilihat pada gambar berikut.
Nomor KPJ
8. Jika data yang Anda masukkan sudah benar, proses selanjutnya adalah memasukkan kode konfirmasi yang dikirim via SMS ke nomer handphone Anda.

9. Jika sudah benar, tampilan berikutnya adalah LAYANAN JHT dimana sudah muncul No. KPJ dan Anda tinggal memasukkan PIN yang sudah Anda ganti (langkah no. 4). Kemudian klik KIRIM.

10. Setelah proses diatas, maka akan muncul informasi Saldo Akhir dan Upah Terakhir dari kepesertaan BPJSTK Anda.

11. Anda juga bisa melakukan simulasi terhadap JHT Anda dengan memilih menu SIMULASI JHT (langkah no. 5).

Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat...



Previous
Next Post »
0 Komentar

Iklan