Perlu Anda ketahui! Dampak Mengisi Daya Smartphone Lewat Laptop

Admin 9:03:00 PM
Hampir semua orang pada jaman sekarang ini punya Handphone. Bahkan sekarang banyak smartphone dengan harga terjangkau. Dengan kenyataan tersebut maka penggunaan smartphone ini memunculkan masalah baru yaitu masalah baterai  Android/ sumber daya smartphone. Semakin sering kita menggunakan Handphone maka daya baterai juga semakin cepat berkurang.
Dampak_Mengisi_Daya_Smartphone_Lewat_Laptop
Untuk kita yang banyak beraktivitas di luar rumah / luar ruangan tentu tidak mudah untuk menemukan sumber listrik untuk mengisi daya baterai samrtphone kita. Hal tersebut dapat diatasi sih contohnya dengan menggunakan power bank atau bisa juga dicharge dengan menggunakan laptop karena adanya fitur USB yang ada di smartphone.

Namun bagi anda yang sering mengisi daya dengan menggunakan laptop, sebaiknya segera hentikan kebiasaan itu karena hal tersebut berbahaya bagi smartphone anda. Nah dalam artikel ini kita akan bahas bahaya mengisi daya / charge hp lewat laptop.

Tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang terlihat aman untuk dilakukan namun pada kenyataanya dapat menimbulkan dampak negatif. Seperti halnya dengan bahasan kita kali ini. Walau terlihat praktis dan aman untuk dilakukan, ternyata mengisi daya smartphone lewat laptop juga dapat menimbulkan bahaya yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Apa saja bahayanya? Berikut ulasannya.

~Beresiko Mempercepat Rusaknya Smartphone.
Saat ini kita memang dimanjakan dengan port USB smartphone yang universal sehingga smartphone dapat dengan mudah terhubung dengan perangkat lain seperti laptop, powerbank, bahkan dengan smartphone lainnya.

Lalu apakah berbahaya mengisi daya smartphone lewat laptop? Sebenarnya tidak. Namun jika hal ini dilakukan terus-menerus, besar kemungkinan smartphone akan mengalami kerusakan. Pasalnya, aliran listrik yang diberikan oleh port USB pada laptop tidak stabil dan berdaya kecil sehingga proses pengisian daya akan jauh lebih lama alias tidak normal.

Pengisian daya smartphone yang tak stabil dan terlalu lama akan membuat smartphone menjadi panas sehingga besar kemungkinan hardware smartphone akan mengalami kerusakan. Selain itu, karena proses pengisian daya yang lama, mau tak mau Anda akan mengoperasikan smartphone kala proses pengisian daya berlangsung. Efeknya baterai smartphone Anda juga berisiko mengalami kerusakaan.

~Merusak baterai HP.
Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, mencharge hp lewat laptop membutuhkan waktu yang lama karena arus listriknya kecil. Hal ini juga otomatis akan berdampak pada baterai smartphone anda. Dengan semakin lamanya waktu mengisi daya akan membuat baterai hp lama-kelamaan menjadi kembung dan ngedrop.

~Pencurian data oleh hacker.
Pada dasarnya, port USB pada laptop diciptakan untuk menghubungkan atau mensinkronkan data smartphone dengan laptop. Sehingga, jika Anda kerap mengisi daya smartphone lewat laptop, risiko pencurian data semakin tinggi.

Sebab, ketika Anda menghubungkan smartphone dengan laptop, secara otomatis laptop akan menyimpan data-data penting dari smartphone seperti merek, nama pemilik smartphone, seri smartphone, sistem operasi, firmware, hingga chip ID smartphone Anda.

Nah, hal-hal inilah yang menjadi celah para hacker mencuri data pribadi Anda. Ditambah lagi, jika laptop atau komputer menggunakan sistem operasi bajakan yang sudah terinfeksi virus, risiko pencurian data menjadi semakin tinggi.

~Merusak Baterai laptop.
Tak hanya baterai dan komponen smartphone yang rentan mengalami kerusakan, baterai laptop juga berisiko cepat rusak bila digunakan untuk mengisi daya smartphone terus menerus. Setiap baterai yang ada pada sebuah gadget, entah itu baterai smartphone, laptop, smartwatch, atau perangkat lainnya pasti memiliki siklus hidup tersendiri.

Jadi, Jika Anda sering menggunakan laptop untuk mengisi daya smartphone, baterai laptop akan cepat haus dan jika dibiarkan, sudah dipastikan umur baterai laptop Anda akan lebih pendek dari yang seharusnya.

Itulah bahaya jika Anda terlalu sering mengisi daya smartphone melalui laptop. Jadi jangan terlalu sering melakukannya bila Anda ingin terhindar dari bahaya di atas. Isi daya smartphone dengan laptop hanya saat genting atau dalam keadaan terdesak saja.




Previous
Next Post »
0 Komentar

Iklan